Market Analisis

Prodi: Bisnis Digital
Ketua: I Nyoman Rudy Hendrawan, S.Kom., M.Kom.

Kelompok riset Market Analysis adalah kelompok yang fokus dalam melakukan riset pasar. Riset pasar adalah proses pengumpulan dan analisis data tentang pasar, konsumen, dan pesaing untuk membantu perusahaan membuat keputusan yang lebih baik tentang produk atau layanan yang akan ditawarkan. Kelompok riset Market Analysis melakukan riset pasar untuk membantu memahami pasar dan pelanggan perusahaan, serta mencari peluang bisnis baru dan meningkatkan keunggulan kompetitif.

Kelompok riset Market Analysis biasanya terdiri dari tim peneliti dan analis yang ahli dalam mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data pasar. Kelompok riset harus dapat menggunakan berbagai teknik penelitian pasar seperti survei, wawancara, analisis statistik, dan studi kasus untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang perilaku konsumen, tren pasar, dan persaingan bisnis. Kelompok riset ini juga harus dapat menggunakan berbagai alat dan teknologi seperti perangkat lunak analisis data dan platform sosial media untuk mengumpulkan data pasar.

Kelompok riset Market Analysis harus terampil dalam mengumpulkan dan menganalisis data pasar dari platform sosial media dan Internet, serta dapat menggunakan perangkat lunak analisis data dan teknologi Big Data untuk mengumpulkan dan menganalisis data pasar dari berbagai sumber online. Kemudian, dapat memahami bagaimana teknologi dan Internet mempengaruhi perilaku konsumen dan tren pasar, dan menggunakan informasi ini untuk membantu perusahaan mengembangkan strategi pemasaran yang lebih baik.

Tujuan utama kelompok riset Market Analysis adalah sebagai berikut:

  1. Membantu perusahaan memahami pasar mereka dengan lebih baik sehingga dapat memahami preferensi dan kebutuhan pelanggan, sehingga perusahaan dapat mengembangkan produk atau layanan yang lebih sesuai dengan keinginan pelanggan.
  2. Membantu perusahaan mencari peluang bisnis baru dengan mengidentifikasi tren pasar baru, peluang pasar yang belum terpenuhi, dan permintaan pasar yang berpotensi besar, sehingga perusahaan dapat mengembangkan produk atau layanan baru yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Kemudian membantu perusahaan dalam mengembangkan strategi pemasaran dan promosi yang tepat untuk memasarkan produk atau layanan baru ke pasar.

Membantu perusahaan meningkatkan keunggulan kompetitif dengan melakukan analisis pesaing untuk memahami strategi bisnis dan kelemahan pesaing, sehingga perusahaan dapat mengembangkan strategi yang lebih baik dan memenangkan persaingan pasar. Kemudian membantu perusahaan dalam memantau dan mengukur kinerja mereka di pasar, serta memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kinerja pasar mereka.

Similar Posts

  • Costumer Validation

    Prodi: Bisnis DigitalKetua: Ni Ketut Dewi Ari Jayanti, S.T., M.Kom. Kelompok riset customer validation adalah sebuah kelompok atau tim yang bertugas untuk menguji, memvalidasi, dan mengumpulkan umpan balik dari pelanggan potensial atau pengguna nyata mengenai suatu produk atau layanan. Kelompok riset ini menggunakan berbagai metode penelitian, seperti survei, wawancara, observasi, atau pengujian produk secara langsung…

  • Software and Enterprise System

    Program Studi: Sistem Informasi Ketua: Yudi Agusta, Ph.D. Grup riset Software dan Enterprise Sistem melakukan penelitian di dalam hal analisa dan pengembangan software dan enterprise sistem. Penelitian mencakup analisa dan pengembangan berbagai konsep software dan enterprise sistem yang diperlukan di masyarakat, baik yang bersifat profit maupun non profit. Penelitian mencakup berbagai tema mulai dari melakukan…

  • Manajemen Keamanan Informasi dan Tata Kelola TI

    Prodi: Teknologi Informasi Ketua: Yohanes Priyo Atmojo, S.Kom., M.Eng Manajemen Keamanan Informasi (Information Security Management) adalah suatu pendekatan yang mengintegrasikan kebijakan, prosedur, dan praktik untuk melindungi informasi yang penting bagi sebuah organisasi dari ancaman dan risiko yang mungkin terjadi. Tujuan dari manajemen keamanan informasi adalah menjaga kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan informasi guna memastikan perlindungan terhadap…

  • Game and Multimedia

    Program Studi: Sistem Informasi Ketua Kelompok: I Gede Harsemadi, S.Kom., M.T. Kelompok riset dalam bidang game dan multimedia ITB STIKOM Bali merupakan kelompok yang melakukan penelitian terkait pengembangan game dan multimedia, baik dari segi teknologi, desain, maupun pengalaman pengguna. Kelompok riset ini akan melibatkan kolaborasi internal dan eksternal ITB STIKOM Bali terutama dari dari akademisi,…

  • Mobile Computing and IoT

    Prodi: Teknologi Informasi Ketua: I Putu Gede Abdi Sudiatmika, S.Pd., M.Kom. Institut Teknologi dan Bisnis (ITB)  STIKOM Bali memiliki tanggung jawab untuk berperan serta dalam membangun sumber daya manusia dan teknologi Indonesia. Oleh karena itu, ITB Stikom Bali berkewajiban untuk melaksanakan kegiatan penelitian pada bidang-bidang prioritas nasional dan dunia agar dapat mengatasi permasalahan bangsa dan…

  • Consumer Behaviour

    Prodi: Bisnis DigitalKetua: I Gusti Ngurah Satria Wijaya, S.T., M.M. Kelompok riset bidang consumer behaviour adalah sebuah komunitas akademisi atau para peneliti dosen di ITB STIKOM Bali yang berfokus pada riset tentang perilaku konsumen (consumer behaviour) yaitu studi tentang pelanggan dan bagaimana mereka berperilaku saat membuat keputusan untuk membeli produk yang memenuhi kebutuhan mereka. Ini…