Market Analisis

Prodi: Bisnis Digital
Ketua: I Nyoman Rudy Hendrawan, S.Kom., M.Kom.

Kelompok riset Market Analysis adalah kelompok yang fokus dalam melakukan riset pasar. Riset pasar adalah proses pengumpulan dan analisis data tentang pasar, konsumen, dan pesaing untuk membantu perusahaan membuat keputusan yang lebih baik tentang produk atau layanan yang akan ditawarkan. Kelompok riset Market Analysis melakukan riset pasar untuk membantu memahami pasar dan pelanggan perusahaan, serta mencari peluang bisnis baru dan meningkatkan keunggulan kompetitif.

Kelompok riset Market Analysis biasanya terdiri dari tim peneliti dan analis yang ahli dalam mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data pasar. Kelompok riset harus dapat menggunakan berbagai teknik penelitian pasar seperti survei, wawancara, analisis statistik, dan studi kasus untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang perilaku konsumen, tren pasar, dan persaingan bisnis. Kelompok riset ini juga harus dapat menggunakan berbagai alat dan teknologi seperti perangkat lunak analisis data dan platform sosial media untuk mengumpulkan data pasar.

Kelompok riset Market Analysis harus terampil dalam mengumpulkan dan menganalisis data pasar dari platform sosial media dan Internet, serta dapat menggunakan perangkat lunak analisis data dan teknologi Big Data untuk mengumpulkan dan menganalisis data pasar dari berbagai sumber online. Kemudian, dapat memahami bagaimana teknologi dan Internet mempengaruhi perilaku konsumen dan tren pasar, dan menggunakan informasi ini untuk membantu perusahaan mengembangkan strategi pemasaran yang lebih baik.

Tujuan utama kelompok riset Market Analysis adalah sebagai berikut:

  1. Membantu perusahaan memahami pasar mereka dengan lebih baik sehingga dapat memahami preferensi dan kebutuhan pelanggan, sehingga perusahaan dapat mengembangkan produk atau layanan yang lebih sesuai dengan keinginan pelanggan.
  2. Membantu perusahaan mencari peluang bisnis baru dengan mengidentifikasi tren pasar baru, peluang pasar yang belum terpenuhi, dan permintaan pasar yang berpotensi besar, sehingga perusahaan dapat mengembangkan produk atau layanan baru yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Kemudian membantu perusahaan dalam mengembangkan strategi pemasaran dan promosi yang tepat untuk memasarkan produk atau layanan baru ke pasar.

Membantu perusahaan meningkatkan keunggulan kompetitif dengan melakukan analisis pesaing untuk memahami strategi bisnis dan kelemahan pesaing, sehingga perusahaan dapat mengembangkan strategi yang lebih baik dan memenangkan persaingan pasar. Kemudian membantu perusahaan dalam memantau dan mengukur kinerja mereka di pasar, serta memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kinerja pasar mereka.

Similar Posts

  • Game and Multimedia

    Program Studi: Sistem Informasi Ketua Kelompok: I Gede Harsemadi, S.Kom., M.T. Kelompok riset dalam bidang game dan multimedia ITB STIKOM Bali merupakan kelompok yang melakukan penelitian terkait pengembangan game dan multimedia, baik dari segi teknologi, desain, maupun pengalaman pengguna. Kelompok riset ini akan melibatkan kolaborasi internal dan eksternal ITB STIKOM Bali terutama dari dari akademisi,…

  • Automatic Control and Embedded System

    Prodi: Sistem Komputer Ketua: Made Liandana, S.Kom., M.Eng Automatic Control and Embedded System merupakan kombinasi perangkat keras dan perangkat lunak komputer yang dikemas dalam sebuah sistem untuk tujuan spesifik, seperti: kontrol, pemantauan, dan komunikasi yang dapat meminimalkan campur tangan manusia. Group Research ini berfokus pada metode dan/atau tools untuk mendukung Automatic Control and Embedded System,…

  • Consumer Behaviour

    Prodi: Bisnis DigitalKetua: I Gusti Ngurah Satria Wijaya, S.T., M.M. Kelompok riset bidang consumer behaviour adalah sebuah komunitas akademisi atau para peneliti dosen di ITB STIKOM Bali yang berfokus pada riset tentang perilaku konsumen (consumer behaviour) yaitu studi tentang pelanggan dan bagaimana mereka berperilaku saat membuat keputusan untuk membeli produk yang memenuhi kebutuhan mereka. Ini…

  • E-Commerce Digital Fabrication for Tourism and Health

    Prodi: Manajemen InformatikaKetua: Dr. Evi Triandini, M.Eng. Kelompok riset digital fabrication di pariwisata dan kesehatan merupakan riset yang menerapkan teknologi digital fabrication dalam konteks industri pariwisata dan sektor kesehatan. Riset ini berfokus pada pengembangan solusi inovatif untuk meningkatkan pengalaman wisatawan dan layanan kesehatan dengan memanfaatkan kemampuan digital fabrication. Digital fabrication melibatkan penggunaan teknologi digital, seperti…

  • Bisnis Model – Business Intelligence and IT Governance

    Prodi: Bisnis DigitalKetua: Dedy Panji Agustino, S.Kom., MMSI. Business Intelligence merupakan topik riset yang berkaitan dengan pengumpulan, analisis, dan presentasi data bisnis untuk membantu pengambilan keputusan yang lebih baik, dimana melibatkan penggunaan alat dan teknik yang dirancang khusus untuk menggali wawasan atau pengetahuan berharga dari data bisnis, menganalisis tren, pola, dan kinerja organisasi bisnis. Business…

  • Manajemen dan Humaniora

    Prodi: Manajemen InformatikaKetua: Dr. Ni Luh Putri Srinadi, S.E., MM.Kom. Kelompok manajemen humaniora merupakan sebuah kelompok penelitian yang didedikasikan untuk penelitian yang mengambil topik dalam bidang Ilmu Manajemen dan Humaniora. Fokus dan ruang lingkup kelompok manajemen humaniora meliputi: Seni & Humaniora, Bisnis, Manajemen & Akuntansi, Ilmu Komputer, dan Ilmu Sosial. Selain itu, manajemen humaniora juga…