Manajemen dan Humaniora

Prodi: Manajemen Informatika
Ketua: Dr. Ni Luh Putri Srinadi, S.E., MM.Kom.

Kelompok manajemen humaniora merupakan sebuah kelompok penelitian yang didedikasikan untuk penelitian yang mengambil topik dalam bidang Ilmu Manajemen dan Humaniora.

Fokus dan ruang lingkup kelompok manajemen humaniora meliputi: Seni & Humaniora, Bisnis, Manajemen & Akuntansi, Ilmu Komputer, dan Ilmu Sosial. Selain itu, manajemen humaniora juga bisa mengambil topik tentang sastra, seni, sejarah, moralitas, budaya, dan nilai-nilai kemanusiaan. Para dosen yang akan menjadi bagian dari kelompok manajemen humaniora diharapkan bisa mengambil salah satu dari topik di atas untuk menjadi topik riset dan tidak menutup kemungkinan bisa mengangkat topik lintas bidang ilmu atau berkolaborasi antara bidang-bidang tersebut di atas.

Tujuan dari kelompok penelitian ini adalah sebagai wadah untuk penelitian yang mengkaji hubungan, pengaruh, ataupun hal lainnya yang terkait dengan perpaduan ilmu manajemen dengan ilmu humaniora.  Fokus dari ilmu manajemen pada kelompok ini adalah bagaimana agar sebuah sistem yang ada dapat berfungsi secara optimal dengan mengharmoniskan komponen-komponen penyusunnya. Kemudian fokus utama dari ilmu humaniora adalah manusia itu sendiri. Berdasarkan fokus atau objeknya, maka dapat diketahui bahwa ilmu humaniora memiliki konsep dan kajian yang sangat berbeda dengan ilmu sains. Konsep ilmu humaniora cenderung bersifat hasil abstraksi dari suatu objek kajian. Manfaat dari meneliti bidang keilmuan humaniora adalah menemukan dan menganalisis pemahaman yang lebih mendalam mengenai hal-hal yang manusiawi dengan tujuan agar kualitas kehidupan menjadi lebih baik. Sehingga, diharapkan kepada dosen yang akan berkontribusi sebagai peneliti pada kelompok manajemen humaniora dapat saling berbagi ilmu pengetahuan dari latar belakang disiplin ilmu yang berbeda, bekerja sama  serta berkolaborasi dalam mewujudkan penelitian yang ideal di bidang manajemen humaniora

Similar Posts