Game and Multimedia

Program Studi: Sistem Informasi

Ketua Kelompok: I Gede Harsemadi, S.Kom., M.T.

Kelompok riset dalam bidang game dan multimedia ITB STIKOM Bali merupakan kelompok yang melakukan penelitian terkait pengembangan game dan multimedia, baik dari segi teknologi, desain, maupun pengalaman pengguna.

Kelompok riset ini akan melibatkan kolaborasi internal dan eksternal ITB STIKOM Bali terutama dari dari akademisi, peneliti, dan praktisi yang memiliki keahlian dan pengalaman dalam berbagai aspek pengembangan game dan multimedia, seperti desain grafis, animasi, pemrograman, interaksi manusia dan komputer, serta psikologi dan sosiologi.

Beberapa topik penelitian yang direncanakan dan dapat dilakukan oleh kelompok riset bidang game dan multimedia ini antara lain:

1. Pengembangan teknologi game dan multimedia terkini, seperti augmented reality, virtual reality, atau mixed reality, virtual tour 360 degree, multimedia pembelajaran, desain komunikasi visual, film dokumenter, video promosi, multimedia interaktif, animasi 2 dimensi dan 3 dimensi.

2. Pengembangan algoritma dan teknik pemrograman untuk meningkatkan kecerdasan buatan dalam game dan multimedia.

3. Pengembangan interaksi pengguna yang lebih intuitif dan nyaman dalam game dan multimedia.

4. Penelitian tentang dampak game dan multimedia terhadap kesehatan fisik dan mental pengguna.

5. Penelitian tentang faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi dan perilaku pengguna dalam menggunakan teknologi game dan multimedia. Hasil dari penelitian kelompok riset ini diharapkan dapat membantu pengembang game dan multimedia untuk meningkatkan kualitas produk mereka dan memenuhi kebutuhan pengguna. Selain itu, hasil penelitian ini juga dapat diaplikasikan dalam bidang lain seperti edukasi, kesehatan, seni budaya dan hiburan.

Similar Posts