Language and Social-Humaniora

Prodi: Sistem Informasi

Ketua: Dr. Dian Rahmani Putri, S.S., M.Hum.

Kelompok Riset ini melaksanakan berbagai riset yang berfokus pada ilmu Bahasa serta ilmu Sosial Humaniora seperti: ilmu Agama, Sosiologi, Hukum dan Budaya.

Tahun 2023-2025, Kelompok Riset ini membuat penelitian tentang bahasa daerah atau bahasa Ibu, dengan tema besar: Budaya Daerah Dalam Bahasa Yang Membangun Karakter Anak.

Tema ini diulas dalam peta jalan penelitian yang akan menjawab permasalahan berikut:

1. Bagaimana bentuk bahasa (bahasa daerah) keramahtamahan Ibu kepada anak?

2. Bagaimana bentuk ungkapan daerah, serta penguraiannya dalam Bahasa Indonesia, yang dimiliki untuk membangun karakter anak?

3. Bagaimanakah bentuk tradisi di berbagai daerah di mana terdapat kesempatan bagi orang tua untuk menanamkan nilai-nilai kehidupan?

Penelitian ini diharapkan dapat menghimpun data dan memberikan analisis yang luarannya dapat memberikan edukasi dan rekomendasi kepada pihak yang berhubungan dengan pendidikan karakter generasi, dimulai dari orang tua di keluarga inti, pendidik, pelaku keagamaan dan tentunya Pemerintah, untuk mempersiapkan generasi yang berpengetahuan dan beretika sesuai dengan nilai-nilai budaya Nusantara.

Metode penelitian dapat didiversifikasi mengikuti perspektif ilmu cabang penelitian yang dilakukan. Misalnya: untuk perspektif Ilmu Bahasa, kami menggunakan metode simak, libat, cakap dan metode etnografi dengan teknik wawancara, rekam dan olah gambar. Teori yang digunakan adalah teori analisis wacana.

Pelaksanaan riset ini juga memerlukan dukungan teknologi yaitu sistem informasi dan multimedia. Luaran penelitian dapat berupa keikutsertaan sebagai pemakalah dalam Konferensi Internasional, penulisan artikel jurnal terakreditasi Sinta 1 atau Sinta 2, dan juga penulisan Buku Bunga Rampai yang merangkum semua hasil penelitian dari masing-masing anggota Kelompok Riset

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *