Consumer Behaviour

Prodi: Bisnis Digital
Ketua: I Gusti Ngurah Satria Wijaya, S.T., M.M.

Kelompok riset bidang consumer behaviour adalah sebuah komunitas akademisi atau para peneliti dosen di ITB STIKOM Bali yang berfokus pada riset tentang perilaku konsumen (consumer behaviour) yaitu studi tentang pelanggan dan bagaimana mereka berperilaku saat membuat keputusan untuk membeli produk yang memenuhi kebutuhan mereka. Ini adalah studi tentang tindakan konsumen yang memotivasi mereka untuk membeli dan menggunakan produk tertentu.

Jenis-jenis dari bidang riset perilaku konsumen yang dipelajari adalah Complex buying behavior /Perilaku pembelian yang kompleks, Dissonance-reducing buying behavior/ Perilaku pembelian yang mengurangi disonansi, Habitual Buying Behavior, dan Variety seeking behavior/ Perilaku pembelian yang mencari keragaman. Manfaat mempelajari studi perilaku konsumen adalah memahami perbedaan berbagai kelompok konsumen, merancang program marketing yang sesuai, memprediksi tren pasar, meningkatkan daya saing dengan competitor, dan meningkatkan customer service. Tujuan dari kelompok riset ini adalah sebagai wadah untuk riset yang mengkaji hubungan, pengaruh, ataupun hal lainnya yang terkait dengan perilaku konsumen dalam keputusan pembelian suatu produk, yang digunakan dalam menentukan program marketing yang dipakai, memprediksi tren pasar dan lain-lain. Bidang riset ini juga tidak menutup kemungkinan berkolaborasi dengan bidang riset yang lain terutama dalam menghadapi fenomena-fenomena yang terjadi pada era disrupsi atau digitalisasi. Sehingga tidak menutup kemungkinan berkolaborasi dengan bidang e-commerce, marketing digital, dll.

Similar Posts