Netcentric Computing and Security (Komputasi Jaringan Komputer)

Prodi: Sistem Komputer

Ketua: Dr. Dandy Hostiadi, S.Kom., M.T.

Kelompok riset bidang komputasi jaringan komputer adalah sebuah komunitas akademisi atau para peneliti dosen di ITB STIKOM Bali  yang berfokus pada riset dan pengembangan teknologi jaringan komputer bagi

Kelompok riset ini biasanya memiliki beberapa sub-bidang yang terkait, seperti jaringan nirkabel, jaringan sensor, jaringan ad hoc, jaringan peer-to-peer, jaringan sosial, jaringan cloud, dan masih banyak lagi. Para anggota kelompok riset melakukan riset dan pengembangan terkait dengan protokol, arsitektur, keamanan, manajemen, dan performa jaringan komputer serta pengolahan data jaringan berbasis AI.

Salah satu tujuan utama kelompok riset komputasi jaringan komputer adalah mengembangkan teknologi jaringan yang lebih efektif, efisien, dan handal. Dalam upaya ini, kelompok riset dapat melakukan pengembangan algoritma baru, simulasi dan eksperimen, pengembangan prototipe, dan evaluasi teknologi terkait.

Para anggota kelompok riset komputasi jaringan komputer biasanya memiliki latar belakang yang beragam, seperti ilmu komputer, teknik elektro, matematika, dan fisika. Mereka bekerja secara kolaboratif dan saling berbagi pengetahuan dan pengalaman untuk mencapai tujuan bersama dalam mengembangkan teknologi jaringan komputer yang inovatif dan efektif. Kelompok riset ini berupaya untuk mengembangkan teknologi yang dapat meningkatkan kinerja dan keamanan jaringan, sehingga dapat memberikan manfaat bagi banyak sektor, seperti pendidikan, bisnis, industri, dan pemerintahan.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *