E-Tourism

Prodi: Manajemen Informatika
Ketua: Dr. I Gusti Ayu Widari Upadani, A.Par., M.AGB.

Institut Teknologi STIKOM Bali (ITB) memiliki tanggung jawab untuk berperan serta dalam membangun sumber daya manusia dan teknologi Indonesia. Oleh karena itu, ITB Stikom Bali berkewajiban untuk melaksanakan kegiatan penelitian pada bidang-bidang prioritas nasional dan international agar dapat mengatasi permasalahan bangsa dan global saat ini.

Sebagai bentuk dukungan kepada para peneliti di ITB Stikom Bali maka dibentuklah sebuah tim riset di Bidang E- Tourism. Tim riset E- Tourism dibentuk sebagai Jawaban atas tantangan industri 4.0 saat ini. E-tourism merupakan suatu konsep pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan daya guna dalam bidang pariwisata, memberikan berbagai jasa layanan pariwisata kepada customers. E-tourism memiliki prinsip yang diselaraskan dengan pemanfaatan unsur ICT (Information and Communication Technologies), Tourism dan Business.

Bali sebagai salah satu destinasi wisata yang sangat terkenal di dunia, sehingga perlu melakukan perbaikan dan pengembangan untuk mewujudkan kualitas pariwisata yang semakin baik dan berkelanjutan. Perbaikan dan peningkatan kualitas pariwisata di Bali dapat dilakukan dengan berbagai langkah salah satunya melalui kajian research yang dilakukan oleh pihak Perguruan Tinggi, Lembaga Penelitian atau NGO. STIKOM Bali (ITB) sebagai salah satu perguruan tinggi di Bali ikut terpanggil untuk berkontrbusi di dalam pembangunan ekonomi Bali melalui pengembangan dan peningkatan kualitas pariwisata yang berbasis digital.

Diharapkan dengan dibentuknya wadah tim riset e-tourism ini memacu pertumbuhan penelitian/karya – karya yang berkualitas dan berstandar nasional maupun international. Dan membuat minat para dosen yang tergabung untuk lebih aktif dan produktif dalam meningkatkan riset, Dengan didukung oleh dana riset yang setiap tahunnya untuk mengembangkan minat para peneliti yang di harapkan akan menghasilkan penelitian/karya-karya yang berkualitas kebanggaan ITB STIKOM Bali yang dapat diaplikasikan untuk kemajuan bangsa dan negara.

Similar Posts