Consumer Behaviour

Prodi: Bisnis Digital
Ketua: I Gusti Ngurah Satria Wijaya, S.T., M.M.

Kelompok riset bidang consumer behaviour adalah sebuah komunitas akademisi atau para peneliti dosen di ITB STIKOM Bali yang berfokus pada riset tentang perilaku konsumen (consumer behaviour) yaitu studi tentang pelanggan dan bagaimana mereka berperilaku saat membuat keputusan untuk membeli produk yang memenuhi kebutuhan mereka. Ini adalah studi tentang tindakan konsumen yang memotivasi mereka untuk membeli dan menggunakan produk tertentu.

Jenis-jenis dari bidang riset perilaku konsumen yang dipelajari adalah Complex buying behavior /Perilaku pembelian yang kompleks, Dissonance-reducing buying behavior/ Perilaku pembelian yang mengurangi disonansi, Habitual Buying Behavior, dan Variety seeking behavior/ Perilaku pembelian yang mencari keragaman. Manfaat mempelajari studi perilaku konsumen adalah memahami perbedaan berbagai kelompok konsumen, merancang program marketing yang sesuai, memprediksi tren pasar, meningkatkan daya saing dengan competitor, dan meningkatkan customer service. Tujuan dari kelompok riset ini adalah sebagai wadah untuk riset yang mengkaji hubungan, pengaruh, ataupun hal lainnya yang terkait dengan perilaku konsumen dalam keputusan pembelian suatu produk, yang digunakan dalam menentukan program marketing yang dipakai, memprediksi tren pasar dan lain-lain. Bidang riset ini juga tidak menutup kemungkinan berkolaborasi dengan bidang riset yang lain terutama dalam menghadapi fenomena-fenomena yang terjadi pada era disrupsi atau digitalisasi. Sehingga tidak menutup kemungkinan berkolaborasi dengan bidang e-commerce, marketing digital, dll.

Similar Posts

  • Manajemen Keamanan Informasi dan Tata Kelola TI

    Prodi: Teknologi Informasi Ketua: Yohanes Priyo Atmojo, S.Kom., M.Eng Manajemen Keamanan Informasi (Information Security Management) adalah suatu pendekatan yang mengintegrasikan kebijakan, prosedur, dan praktik untuk melindungi informasi yang penting bagi sebuah organisasi dari ancaman dan risiko yang mungkin terjadi. Tujuan dari manajemen keamanan informasi adalah menjaga kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan informasi guna memastikan perlindungan terhadap…

  • Intelligence System

    Prodi: Sistem Informasi Ketua: Dr. Gede Angga Pradipta, S.T., M.Eng. Kelompok riset bidang kecerdasan buatan (artificial intelligence) adalah sebuah komunitas akademisi atau industri yang terdiri dari para peneliti, insinyur, ilmuwan data, dan profesional lainnya yang bekerja untuk mengembangkan dan meningkatkan teknologi kecerdasan buatan pada lingkup ITB STIKOM BALI. Kelompok riset ini biasanya terdiri dari beberapa…

  • E-Tourism

    Prodi: Manajemen InformatikaKetua: Dr. I Gusti Ayu Widari Upadani, A.Par., M.AGB. Institut Teknologi STIKOM Bali (ITB) memiliki tanggung jawab untuk berperan serta dalam membangun sumber daya manusia dan teknologi Indonesia. Oleh karena itu, ITB Stikom Bali berkewajiban untuk melaksanakan kegiatan penelitian pada bidang-bidang prioritas nasional dan international agar dapat mengatasi permasalahan bangsa dan global saat…

  • Automatic Control and Embedded System

    Prodi: Sistem Komputer Ketua: Made Liandana, S.Kom., M.Eng Automatic Control and Embedded System merupakan kombinasi perangkat keras dan perangkat lunak komputer yang dikemas dalam sebuah sistem untuk tujuan spesifik, seperti: kontrol, pemantauan, dan komunikasi yang dapat meminimalkan campur tangan manusia. Group Research ini berfokus pada metode dan/atau tools untuk mendukung Automatic Control and Embedded System,…

  • Language and Social-Humaniora

    Prodi: Sistem Informasi Ketua: Dr. Dian Rahmani Putri, S.S., M.Hum. Kelompok Riset ini melaksanakan berbagai riset yang berfokus pada ilmu Bahasa serta ilmu Sosial Humaniora seperti: ilmu Agama, Sosiologi, Hukum dan Budaya. Tahun 2023-2025, Kelompok Riset ini membuat penelitian tentang bahasa daerah atau bahasa Ibu, dengan tema besar: Budaya Daerah Dalam Bahasa Yang Membangun Karakter…

  • Costumer Validation

    Prodi: Bisnis DigitalKetua: Ni Ketut Dewi Ari Jayanti, S.T., M.Kom. Kelompok riset customer validation adalah sebuah kelompok atau tim yang bertugas untuk menguji, memvalidasi, dan mengumpulkan umpan balik dari pelanggan potensial atau pengguna nyata mengenai suatu produk atau layanan. Kelompok riset ini menggunakan berbagai metode penelitian, seperti survei, wawancara, observasi, atau pengujian produk secara langsung…