Consumer Behaviour

Prodi: Bisnis Digital
Ketua: I Gusti Ngurah Satria Wijaya, S.T., M.M.

Kelompok riset bidang consumer behaviour adalah sebuah komunitas akademisi atau para peneliti dosen di ITB STIKOM Bali yang berfokus pada riset tentang perilaku konsumen (consumer behaviour) yaitu studi tentang pelanggan dan bagaimana mereka berperilaku saat membuat keputusan untuk membeli produk yang memenuhi kebutuhan mereka. Ini adalah studi tentang tindakan konsumen yang memotivasi mereka untuk membeli dan menggunakan produk tertentu.

Jenis-jenis dari bidang riset perilaku konsumen yang dipelajari adalah Complex buying behavior /Perilaku pembelian yang kompleks, Dissonance-reducing buying behavior/ Perilaku pembelian yang mengurangi disonansi, Habitual Buying Behavior, dan Variety seeking behavior/ Perilaku pembelian yang mencari keragaman. Manfaat mempelajari studi perilaku konsumen adalah memahami perbedaan berbagai kelompok konsumen, merancang program marketing yang sesuai, memprediksi tren pasar, meningkatkan daya saing dengan competitor, dan meningkatkan customer service. Tujuan dari kelompok riset ini adalah sebagai wadah untuk riset yang mengkaji hubungan, pengaruh, ataupun hal lainnya yang terkait dengan perilaku konsumen dalam keputusan pembelian suatu produk, yang digunakan dalam menentukan program marketing yang dipakai, memprediksi tren pasar dan lain-lain. Bidang riset ini juga tidak menutup kemungkinan berkolaborasi dengan bidang riset yang lain terutama dalam menghadapi fenomena-fenomena yang terjadi pada era disrupsi atau digitalisasi. Sehingga tidak menutup kemungkinan berkolaborasi dengan bidang e-commerce, marketing digital, dll.

Similar Posts

  • Game and Multimedia

    Program Studi: Sistem Informasi Ketua Kelompok: I Gede Harsemadi, S.Kom., M.T. Kelompok riset dalam bidang game dan multimedia ITB STIKOM Bali merupakan kelompok yang melakukan penelitian terkait pengembangan game dan multimedia, baik dari segi teknologi, desain, maupun pengalaman pengguna. Kelompok riset ini akan melibatkan kolaborasi internal dan eksternal ITB STIKOM Bali terutama dari dari akademisi,…

  • E-Commerce Digital Fabrication for Tourism and Health

    Prodi: Manajemen InformatikaKetua: Dr. Evi Triandini, M.Eng. Kelompok riset digital fabrication di pariwisata dan kesehatan merupakan riset yang menerapkan teknologi digital fabrication dalam konteks industri pariwisata dan sektor kesehatan. Riset ini berfokus pada pengembangan solusi inovatif untuk meningkatkan pengalaman wisatawan dan layanan kesehatan dengan memanfaatkan kemampuan digital fabrication. Digital fabrication melibatkan penggunaan teknologi digital, seperti…

  • Mobile Computing and IoT

    Prodi: Teknologi Informasi Ketua: I Putu Gede Abdi Sudiatmika, S.Pd., M.Kom. Institut Teknologi dan Bisnis (ITB)  STIKOM Bali memiliki tanggung jawab untuk berperan serta dalam membangun sumber daya manusia dan teknologi Indonesia. Oleh karena itu, ITB Stikom Bali berkewajiban untuk melaksanakan kegiatan penelitian pada bidang-bidang prioritas nasional dan dunia agar dapat mengatasi permasalahan bangsa dan…

  • Language and Social-Humaniora

    Prodi: Sistem Informasi Ketua: Dr. Dian Rahmani Putri, S.S., M.Hum. Kelompok Riset ini melaksanakan berbagai riset yang berfokus pada ilmu Bahasa serta ilmu Sosial Humaniora seperti: ilmu Agama, Sosiologi, Hukum dan Budaya. Tahun 2023-2025, Kelompok Riset ini membuat penelitian tentang bahasa daerah atau bahasa Ibu, dengan tema besar: Budaya Daerah Dalam Bahasa Yang Membangun Karakter…

  • Manajemen Keamanan Informasi dan Tata Kelola TI

    Prodi: Teknologi Informasi Ketua: Yohanes Priyo Atmojo, S.Kom., M.Eng Manajemen Keamanan Informasi (Information Security Management) adalah suatu pendekatan yang mengintegrasikan kebijakan, prosedur, dan praktik untuk melindungi informasi yang penting bagi sebuah organisasi dari ancaman dan risiko yang mungkin terjadi. Tujuan dari manajemen keamanan informasi adalah menjaga kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan informasi guna memastikan perlindungan terhadap…

  • Costumer Validation

    Prodi: Bisnis DigitalKetua: Ni Ketut Dewi Ari Jayanti, S.T., M.Kom. Kelompok riset customer validation adalah sebuah kelompok atau tim yang bertugas untuk menguji, memvalidasi, dan mengumpulkan umpan balik dari pelanggan potensial atau pengguna nyata mengenai suatu produk atau layanan. Kelompok riset ini menggunakan berbagai metode penelitian, seperti survei, wawancara, observasi, atau pengujian produk secara langsung…