Consumer Behaviour

Prodi: Bisnis Digital
Ketua: I Gusti Ngurah Satria Wijaya, S.T., M.M.

Kelompok riset bidang consumer behaviour adalah sebuah komunitas akademisi atau para peneliti dosen di ITB STIKOM Bali yang berfokus pada riset tentang perilaku konsumen (consumer behaviour) yaitu studi tentang pelanggan dan bagaimana mereka berperilaku saat membuat keputusan untuk membeli produk yang memenuhi kebutuhan mereka. Ini adalah studi tentang tindakan konsumen yang memotivasi mereka untuk membeli dan menggunakan produk tertentu.

Jenis-jenis dari bidang riset perilaku konsumen yang dipelajari adalah Complex buying behavior /Perilaku pembelian yang kompleks, Dissonance-reducing buying behavior/ Perilaku pembelian yang mengurangi disonansi, Habitual Buying Behavior, dan Variety seeking behavior/ Perilaku pembelian yang mencari keragaman. Manfaat mempelajari studi perilaku konsumen adalah memahami perbedaan berbagai kelompok konsumen, merancang program marketing yang sesuai, memprediksi tren pasar, meningkatkan daya saing dengan competitor, dan meningkatkan customer service. Tujuan dari kelompok riset ini adalah sebagai wadah untuk riset yang mengkaji hubungan, pengaruh, ataupun hal lainnya yang terkait dengan perilaku konsumen dalam keputusan pembelian suatu produk, yang digunakan dalam menentukan program marketing yang dipakai, memprediksi tren pasar dan lain-lain. Bidang riset ini juga tidak menutup kemungkinan berkolaborasi dengan bidang riset yang lain terutama dalam menghadapi fenomena-fenomena yang terjadi pada era disrupsi atau digitalisasi. Sehingga tidak menutup kemungkinan berkolaborasi dengan bidang e-commerce, marketing digital, dll.

Similar Posts

  • Netcentric Computing and Security (Komputasi Jaringan Komputer)

    Prodi: Sistem Komputer Ketua: Dr. Dandy Hostiadi, S.Kom., M.T. Kelompok riset bidang komputasi jaringan komputer adalah sebuah komunitas akademisi atau para peneliti dosen di ITB STIKOM Bali  yang berfokus pada riset dan pengembangan teknologi jaringan komputer bagi Kelompok riset ini biasanya memiliki beberapa sub-bidang yang terkait, seperti jaringan nirkabel, jaringan sensor, jaringan ad hoc, jaringan…

  • Manajemen dan Humaniora

    Prodi: Manajemen InformatikaKetua: Dr. Ni Luh Putri Srinadi, S.E., MM.Kom. Kelompok manajemen humaniora merupakan sebuah kelompok penelitian yang didedikasikan untuk penelitian yang mengambil topik dalam bidang Ilmu Manajemen dan Humaniora. Fokus dan ruang lingkup kelompok manajemen humaniora meliputi: Seni & Humaniora, Bisnis, Manajemen & Akuntansi, Ilmu Komputer, dan Ilmu Sosial. Selain itu, manajemen humaniora juga…

  • E-Tourism

    Prodi: Manajemen InformatikaKetua: Dr. I Gusti Ayu Widari Upadani, A.Par., M.AGB. Institut Teknologi STIKOM Bali (ITB) memiliki tanggung jawab untuk berperan serta dalam membangun sumber daya manusia dan teknologi Indonesia. Oleh karena itu, ITB Stikom Bali berkewajiban untuk melaksanakan kegiatan penelitian pada bidang-bidang prioritas nasional dan international agar dapat mengatasi permasalahan bangsa dan global saat…

  • Software and Enterprise System

    Program Studi: Sistem Informasi Ketua: Yudi Agusta, Ph.D. Grup riset Software dan Enterprise Sistem melakukan penelitian di dalam hal analisa dan pengembangan software dan enterprise sistem. Penelitian mencakup analisa dan pengembangan berbagai konsep software dan enterprise sistem yang diperlukan di masyarakat, baik yang bersifat profit maupun non profit. Penelitian mencakup berbagai tema mulai dari melakukan…

  • Game and Multimedia

    Program Studi: Sistem Informasi Ketua Kelompok: I Gede Harsemadi, S.Kom., M.T. Kelompok riset dalam bidang game dan multimedia ITB STIKOM Bali merupakan kelompok yang melakukan penelitian terkait pengembangan game dan multimedia, baik dari segi teknologi, desain, maupun pengalaman pengguna. Kelompok riset ini akan melibatkan kolaborasi internal dan eksternal ITB STIKOM Bali terutama dari dari akademisi,…

  • Market Analisis

    Prodi: Bisnis DigitalKetua: I Nyoman Rudy Hendrawan, S.Kom., M.Kom. Kelompok riset Market Analysis adalah kelompok yang fokus dalam melakukan riset pasar. Riset pasar adalah proses pengumpulan dan analisis data tentang pasar, konsumen, dan pesaing untuk membantu perusahaan membuat keputusan yang lebih baik tentang produk atau layanan yang akan ditawarkan. Kelompok riset Market Analysis melakukan riset…